NIKMATNYA BOSAN


Nikmatnya Bosan

oleh Widyaretna Buenastuti

“Ma, aku bosan nih liburan di rumah terus…”  atau kita juga sering mendengar “aduh, aku mulai bosan nih sama makanan yang itu-itu aja…”

Bahagialah kita bila pernah merasakan bosan atau jenuh! Pasti anda heran kenapa saya bilang seharusnya kita berbahagia? Coba kita lihat efek dari bosan terhadap diri kita sendiri dan apa yang kita temukan di sekitar kita.

Karena bosan dengan makanan yang itu-itu aja, kita akan mencari variasi makanan yang lain. Bosan makan siang di dalam kantor, kita punya pilihan untuk makan di luar atau membawa makanan dari rumah. Bosan dengan pakaian yang itu-itu aja, kita mencari pakaian baru. Bosan dengan acara di tv, kita sekarang sudah punya media entertainment lain seperti internet, menonton ke bioskop, mendengarkan radio, membaca buku dan lain sebagainya.

Sadarkah anda bahwa dari Bosan ini tercipta lapangan pekerjaan yang sungguh banyak. Karena dengan sifat alami manusia yang bisa bosan ini, maka manusia memutar otaknya untuk mencari alternatif-alternatif lain yang dapat menjadi pilihan dalam mengatasi kebosanannya. Banyaknya merek-merek baju yang padahal bila dilihat dari fungsinya sama tetapi mereknya berbeda dan keaneka ragaman desain juga berbeda. Makanan, cita rasa makanan pun dibuat bermacam-macam. Bosan dengan nasi goreng yang itu-itu saja ada menu baru nasi goreng gila misalnya. Teknologi, betapa banyaknya variasi handphone saat ini? Salah satu alasan orang mengganti handphonenya adalah karena sudah bosan dengan yang lama dan ada yang baru yang lebih canggih fiturnya. Mobil, orang menggonta-ganti mobil karena bosan juga tidak mengherankan. Banyaknya showroom mobil second merupakan salah satu lapangan pekerjaan yang mungkin timbul dari orang bosan dengan mobil lamanya dan ingin ganti yang baru.  Desain interior rumah, tidak hanya karena orang yang baru membangun rumahnya saja yang membutuhkan desain interior, namun bagi orang yang bosan dengan tatanan rumahnya yang lama dan ingin mengganti dengan yang baru agar lebih betah di rumah juga menciptakan suatu ranah rejeki tersendiri karena bosan.

Dalam hal karir pun demikian. Mungkin ada beberapa kenalan kita  atau mungkin anda sendiri yang sudah pindah beberapa kali dari pekerjaannya dan begitu ditanya kenapa, salah satu alasannya adalah bosan. Bosan karena lingkungan kerjanya yang terlalu monoton, bosan karena lokasinya jauh dari dunia pergaulan, bosan karena bosnya kurang oke, bosan karena kerjanya sudah rutin, bosan karena gajinya segitu-gitu aja dan berbagai alasan lain.

Dari kebosanan ini membuat manusia melirik hal-hal lain yang tidak biasa ia lihat. Ibarat seorang anak kecil yang baru dibelikan mainan oleh ibunya. Matanya akan berbinar penuh ceria mendapatkan mainan baru. Tapi setelah beberapa menit ia mainkan, ia mulai melirik mainan lain dan mainan yang baru pun ditinggalkan begitu saja. Bisa saja ia mendapatkan mainan baru lagi atau kembali ke mainan lamanya yang menjadi favoritnya.

Bosan merupakan sifat alamiah dari manusia yang dapat menghasilkan suatu output yang positif dan juga negatif. Dengan adanya rasa bosan, manusia akan cenderung mencari pilihan-pilihan lain yang dapat memuaskan kebutuhannya. Dalam karir akan menjadi suatu output yang positif, bila ia akan terus berinovasi menciptakan berbagai hal baru dalam lingkup pekerjaannya. Misal seseorang di bidang sales yang harus secara rutin menjajakan produknya dengan kerangka cerita yang itu-itu saja tentunya harus bisa berinovasi agar cerita yang ia tawarkan kepada para customernya dapat menarik sehingga para customernya akan membeli dan target salesnya pun dapat tercapai. Namun dalam karir bisa juga menjadi suatu output yang negatif, manakala seseorang sudah dihinggapi rasa bosan kemudian memilih untuk meninggalkan pekerjaannya atau beralasan sakit-sakitan dan sering membolos atau mengganggu rekan kerjanya.

Sungguh beruntung bagi kita yang masih bisa memilih dikala kita bosan. Banyak orang yang tidak boleh bosan dan harus tetap menjalani kehidupannya walau rasa bosan itu menghimpitnya. Bayangkan mereka yang tidak mempunyai rumah, bayangkan mereka yang harus menjalani profesinya dan tidak dapat memilih yang lain karena keterbatasan keahlian mereka dan harus tetap menafkahkan keluarganya.

Ada juga hal-hal yang kita tidak boleh bosan. Bosan harus ditepis kala ia datang karena akan mendatangkan mudharat dari pada manfaat. Bosan terhadap pasangan kita atau bosan pada anak misalnya. saya tidak perlu berpanjang lebar dalam membicarakan masalah ini karena sebagai manusia yang dewasa, tentunya kita semua harus pintar-pintar dalam mengatasi kebosanan yang menghinggapi agar hal yang mudharat itu tidak terjadi.

Bosan merupakan anugerah. Ada kalanya kita bisa memilih dan ada kalanya kita tidak bisa memilih di kala ia datang. Namun pintar-pintarlah kita mensiasati kebosanan yang menghinggapi kita dan salurkanlah rasa bosan kita itu menjadi suatu hal yang berguna bagi diri kita dan masyarakat sekitar kita sehingga kita akan selalu menjadi manusia yang lebih baik setiap harinya.

WiDS©Sunday, July 25, 2010 8:52 AM

2 thoughts on “NIKMATNYA BOSAN

  1. Topik yg sederhana tp “dalam” yaaa Wid …
    Ketemu kawan lama sambil ngobrol ngalor ngidul juga salah satu “obat” bosen lhoo, kalo gak sempet ketemu ya ngobrol lwt WA grup dulu deehh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s