PERKENALAN UNIK


Perkenalan Unik

Oleh Widyaretna Buenastuti

Beberapa misteri kehidupan sering kali menghampiri kita dan membuat kita bertanya, pesan apa yang coba disampaikan oleh Allah SWT kepada kita? Termasuk cerita-cerita tentang awal muasal kita mengenal seseorang menjadi teman baru kita, terlepas pertemanan itu akan berlangsung sebentar atau lama.

Perkenalan di cafe

Suatu hari saya berkenalan dengan seorang wanita di sebuah café dalam suasana yang tidak lazim. Saat saya sedang membenahi laptop dan mencari posisi duduk yang nyaman  untuk memulai bekerja sembari menikmati suasana café tersebut, tiba-tiba datanglah seorang wanita, katakan namanya Ratih, (bukan nama sebenarnya) yang tanpa basa basi duduk di kursi samping saya. Mbak Ratih langsung bertanya kepada saya apakah saya memperhatikan kedua pria yang duduk di jarak 2 meja dari saya  dan apakah ada wanita lain yang tengah mendampingi mereka sejak saya duduk di café tersebut?  Kebetulan memang saya memperhatikan kedua pria tersebut dan saya tidak melihat ada seorang wanita yang bersama mereka. Singkat cerita rupanya salah satu dari pria tersebut adalah suami Mbak Ratih sendiri. Rupanya Mbak Ratih sedang menyusul suaminya dikarenakan ia mensinyalir ada wanita yang sedang mencoba mendekati suaminya tersebut.

Dalam suasana yang tentunya agak kikuk, saya pun mencoba sebisa mungkin untuk meredakan api cemburu yang rupanya sedang bergejolak di hati mbak Ratih. Saya bersyukur tidak terjadi percekcokan sengit kala itu, walaupun sempat ada lontaran konfirmasi langsung dari Mbak Ratih kepada suaminya yang rupanya sedang mengadakan pertemuan bisnis dengan koleganya. Dalam hati saya, berani juga mbak Ratih mengkonfrontasi langsung ke suaminya di depan kolega bisnisnya. Tapi bukan pula tepat bagi saya mengomentari urusan dalam negeri seseorang. Yang saya bisa lakukan adalah menjadi temannya, dengan menjadi pendengar dan mengingatkan teman baruku itu akan nikmatnya bersabar dan bersyukur. Bersabar untuk mencari waktu yang lebih tepat untuk bisa berbicara dari hati ke hati dengan suami tercinta. Bersyukur karena tidak ada wanita yang bersama suaminya seperti yang ia khawatirkan.  Akhirnya setelah beberapa hari bersitegang, mereka pun kembali menemukan jalan kemesraannya. Alhamdulillah.

Berteman karena Rok Cantik

Perkenalan unik karena tertarik akan sebuah Rok juga saya alami. Beberapa tahun yang lalu saat saya sedang menghadiri sebuah konferensi di Washington DC. Pada hari terakhir konferensi tersebut saya melihat seorang perempuan yang menggunakan rok cantik menurut selera pandangan saya. Karena hari itu adalah hari terakhir dan saya pun telah terjadwalkan untuk terbang kembali ke kantor pusat di New York. Rupanya di airport saya kembali melihat perempuan dengan rok cantik tersebut. Sepertinya kekuatan rok cantik itu menjadii magnet bagi saya untuk  menghampirinya untuk sekedar menyampaikan kekaguman saya pada roknya. “Excuse me, but I think I saw you at the conference today. I can’t hold myself to tell you that I admire your lovely skirt.”  (Maaf, sepertinya saya melihat anda di konferensi hari ini. Saya nggak bisa menahan diri untuk menyampaikan bahwa saya kagum pada rok cantik anda). Yang akhirnya kami berkenalan sekilas dan ternyata sebut saja nama pemilik rok cantik itu, Amanda, tinggal di kota New York, ia bekerja pada perusahaan farmasi juga dan rupanya pesawat kita pun sama.

Setibanya kami  di New York, mobil jemputan dan koper saya tidak berada di airport tempat pendaratan saya,  La Guardia. Kota New York mempunyai beberapa airport domestik.  Amanda yang baru saja berkenalan dengan saya, rupanya mengetahui bahwa saya kebingungan dengan penjemputan dan koper yang tidak bersama saya. Rupanya koper dan mobil jemputan juga telah tiba di New York tapi di Airport yang lain.  Akhirnya Amanda lah yang membantu menguruskan permasalahan koper hingga ia pun mengantarkan saya sampai ke hotel tempat saya menginap.

Pertemanan kami berlanjut dan siapa pernah menyangka bahwa beberapa tahun setelah berkenalan Amanda rupanya bergabung dengan perusahaan dimana saya bekerja dan bahkan kami sempat berada dalam satu proyek. Sungguh luar biasa Allah menggerakan hati saya hanya karena Rok Cantik.  Kalau diingat-ingat lagi, sebenarnya rok Amanda itu biasa saja, kotak-kotak seperti seragam salah satu sekolah khusus wanita di Jakarta dengan potongan agak unik memang . Namun cara Amanda memakainya dengan paduan sepatu boots menjadikan aksen potongan uniknya menjadi sangat stylish dan modis. Hingga hari ini pun kami masih berkomunikasi dan bertukar cerita tentang keluarga masing-masing.

Gelisah membuahkan Pertemanan                                                                                             

Tidak pernah lupa dengan cerita ketika saya harus mengejar pesawat pulang ke Jakarta dari Jogja dan mendapatkan tempat duduk di jendela yang bukan posisi favorit saya. Namun karena harus pulang mendadak, sudah suatu rejeki bisa mendapatkan tempat duduk.  Demi mengatasi kegelisahan hati karena suatu urusan mendesak, saya berniat untuk membaca majalah sepanjang perjalanan sambil mendengarkan musik. Rupanya seat mate saya adalah 2 orang pria yang baru saja selesai training.

Perjalanan Jogja-Jakarta yang cukup singkat, terasa lama sekali. Dalam setengah perjalanan, saya pun mulai bosan membaca dan kegelisahanku akhirnya saya alihkan dengan mengajak bicara pria yang duduk sebelah saya. Kebosanan dan kegelisahanku rupanya memberikan inspirasi untuk mencoba berkenalan tidak konvensional dengan “hai nama saya XYZ”. Saya pikir saat itu, perkenalan yang kaku dan gak unik. “Mas, tau gak menurut artikel ini, kota dengan tingkat polusi tertinggi adalah Maputo, Ibu kota Mozambik.” Ini merupakan kalimat pembuka saya sembari memperlihatkan artikel yang tengah saya baca. Entah karena sungkan atau benar-benar tertarik atau takut dibilang nggak sopan kalau mengacuhkan perempuan, akhirnya kita berdiskusi tentang masalah lingkungan yang akhirnya mulai bertanya tentang pekerjaan. Hingga sampai pada terbukanya irisan pertemanan kita yang ternyata, ia adalah suami dari sekertarisku di asosiasi yang saya dirikan. Subhanallah.  Ternyata dunia ini sempit.

Tentunya banyak cerita-cerita perkenalan unik yang terjadi dalam kehidupan manusia. Misalkan Bagaimana pertama kali berkenalan dengan teman yang kini menjadi sahabat, bagaimana cerita perkenalan pertama dengan sang kekasih atau dengan suami. Bagaimana cerita ketemu mertua pertama kalinya. Bagaimana cerita saat-saat melahirkan, yang menjadi momen pertama kali bertemu dengan sang buah hati di dunia ini.

Banyak momentum perkenalan-perkenalan unik yang terjadi dalam kehidupan kita selama ini. Masing-masing dari momen tersebut mempunyai pesannya sendiri yang mana kita sebagai manusia mempunyai keterbatasan untuk mencernanya di saat itu. Namun bila kita melihat kembali ke masa lalu, kita akan tersenyum-senyum sendiri dan terkagum-kagum dengan perjalanan perkenalan kita dengan teman-teman yang kita temui dalam kehidupan kita.

Bagi saya ada beberapa pesan tersirat:

  1. Setiap perkenalan mempunyai pesannya masing-masing bagi kita sebagai manusia untuk senantiasa bersyukur kepada Allah Yang Maha Kuasa akan ciptaanNYA yang luar biasa indahnya karena setiap insan di dunia ini tidak ada yang sama.
  2. Jangan pernah memandang sebelah mata kepada siapa pun yang kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari karena sesungguhnya setiap manusia membawa kebaikan dari Allah dan banyak ilmu yang bisa kita saling dapatkan diantara manusia asalkan manusia itu sendiri mau berfikir dan beriman.
  3. Dengarkan kata hatimu, sesungguhnya ia adalah penuntunmu. Seperti kejadian Rok Cantik itu.

Berkenalan atau tidak berkenalan merupakan pilihan. Apapun pilihan kita, semoga selalu bermanfaat bagi diri kita dan orang-orang di sekitar kita. Selamat merenungkan perkenalan-perkenalan unik yang mewarnai kehidupan ini dan semoga kita akan selalu dapat memetik hikmahnya.

Saturday, December 28, 2013 5:11 PM

©WiDS 2013

www.wbuenastuti.com

12 thoughts on “PERKENALAN UNIK

  1. Dalam sebuah diskusi asal2an, saya pernah bahas, dalam ketidak sengajaan dan probabilitas kemungkinan setiap peristiwa, akan membawa ke dalam sebuah peristiwa lainnya. tp ternyata ada yg sudah memikirkan hal itu, munculah yang orang sebutkan dengan teory butterfly effect, hasil yang keluar bisa jadi mempengaruhi kehidupan yang lain. Pertanyaan nya menjadi adalah; apakah tangan Tuhan bermain didalam nya?…. dapatkan setiap ketidak sengajaan menjadi suatu kesengajaan…?? Sebuah pilihan akan melahirkan pilihan yang lain…??

    hmmm…..

    • Topik yang sgt menarik utk dibahas sambil ngeteh atau ngopi nih. Kalau kita melihat teman2 atau saudara yg kita kenal dari masa kecil dan melihat mereka sekarang apakah bisa menjawab pertanyaan2 itu? Monggo direnungkan….

    • I found my interactions with anyone are always specials. Those three moments are only a few of many other learnings that I got from meeting with new friends. I am glad that I inherited ur strength of easily making friends and taking lessons out of it. Thank u dad.

  2. Ya bu wid, seperti pertemuan dan perkenalan pagi ini sy dgn ibu, banyak informasi dari ibu yang menurut sy sangat dashat dan sy mensyukuri kita bisa berdiskusi panjang lebar.

    Kisah beritikaf di mesjid sampai menjelang syuruk sangat menginspirasi saya.

    Terimakasih atas 1 jamnya,perkenalan yg padat gizi.

    • Pak Taufik, Alhamdulillahi Robbil Alamiin setiap pertemuan sedianya telah dirancang oleh Allah Subhanallahu wa Ta’ala dan smg kita senantiasa bisa menarik manfaat demi meraih RahmatNYA. Terima kasih sudah lgsg visit blog saya. Barakallahu fik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s